Pengalaman Berlibur Ke Pulau Harapan Jakarta

Dengan akhir pekan yang lalu menjadi minggu yang panjang dan staf tahunan kami memutuskan untuk pergi berlibur melepas kepenatan pekerjaan, diputuskan bahwa kami harus membuat yang terbaik dari akhir pekan dan sebagai sebuah kelompok pergi sedikit lebih jauh dari Bandung atau Carita dan memiliki 2 hari penuh dalam tamasya tim. Tempat yang dipilih adalah salah satu dari Kepulauan Seribu yang disebut Pulau Harapan.

Pulau Harapan hanya berjarak 3 jam naik perahu ekspres ke utara dari Jakarta dan sebagian besar penuh dengan tempat tinggal dan sebagai titik awal untuk menjelajahi banyak pulau di sekitarnya.

Pada pukul 03:00 pada hari Sabtu pagi, saya bangun dan bersiap-siap untuk akhir pekan ini. Taksi saya tiba pada pukul 4 dan pada pukul 4.30 pagi saya menyempatkan diri untuk meminum teh. Pada pukul 5.30 saya sudah berada di Mcdonalds untuk sarapan. Kami semua harus pergi dari jam 5 pagi, tapi yah, selalu ada orang yang terlambat. Kapal itu dijadwalkan berangkat jam 7 dan jadi kami harus berada di sana untuk agar tidak terlambat.

Berlayar Ke Pulau Harapan

Kapal meninggalkan pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara yang terletak di sebelah Pluit. Lokasi ini penuh dengan kapal nelayan, saya harus memberitahu anda bahwa ukuran pelabuhan itu sangat besar dan penuh sesak dengan kapal penangkap ikan dari segala bentuk dan ukuran dan bau yang kaya dengan berbagai macam ikan dan air pelabuhan yang kotor.

Kami harus berjalan 10 menit terakhir dari perjalanan itu di luar pelabuhan. Dari sana kami berjalan bersama ke titik pertemuan dan diberi tahu bahwa feri kami adalah yang terakhir dalam antrean, yang berarti kami melewatkan 3 kapal feri lainnya dan setelah menaiki kapal kami baru sadar bahwa kami harus duduk di bawah sinar matahari terbuka di dek atas karena jumlah orang yang sudah penuh di atas kapal.

Kapal-kapal itu sendiri memiliki 2 geladak dimana dek atas memiliki area besar yang terbuka. Area kabin sangat rendah, tidak ada kursi dan hanya ada 2 kipas. Anda harus berbaring atau duduk di lantai dan berkeringat. Di luar anda di terpa angin dan kemudian matahari. Tidak ada penutup dari matahari sehingga kulit serasa terbakar.

Setelah menunggu lebih dari satu jam dan dengan setidaknya 300 orang di dalamnya, ada banyak orang yang duduk di atap kabin, dan kami segera meninggalkan pelabuhan dan berlayar menuju ke laut Jawa. Itu adalah perjalanan yang cukup rutin, langit yang jernih dan laut yang datar tapi serasa panas karena matahari, saya memakai krim untuk membantu menjaga kulit dari terbakar matahari. Setelah tiba-tiba kurang lebijh 3 jam kami mulai melihat pulau-pulau kecil dan laut akhirnya tiba juga di Pulau Harapan. Sekali lagi, kami harus memanjat feri dan kemudian melompat di dermaga dan berjuang untuk sampai ke daratan. Semuanya sangat khas Indonesia.

Setibanya Di Pulau harapan

Kami tinggal di rumah atau homestay yang berada tidak jauh dari feri. Rasanya cukup tenang di sana, dan rumah sementara ini memiliki AC di kamar tidur dan ada banyak kamar mandi. Begitu banyak ruang untuk 30 orang.

Setelah makan siang dengan menu ayam dan nasi, kami menunggu perahu lain untuk membawa kami keluar melakukan snorkeling. Salah satu hal terbaik tentang pulau-pulau adalah jumlah terumbu dan karang yang dapat dieksplorasi dan sementara tidak sepenuhnya murni ada banyak ikan berwarna-warni dan hal-hal lainnya untuk dilihat dan airnya jernih, bersih dan hangat. Kami berangkat dengan perahu nelayan kecil untuk melihat beberapa ikan dan menjelajahi beberapa pulau. Bagi saya sendiri, saya tidak tahu pulau apa yang kami lihat, saya juga tidak bertanya tetapi sebagian besar memiliki pasir putih atau emas dengan latar belakang pohon dan terlihat bagus.

Snorkelingnya bagus dengan pengecualian tentang bagaimana cara kembali ke kapal karena tidak ada tangga yang disediakan sehingga anda harus naik ke atasnya melalui ban yang tidak terlalu membantu. Setelah beberapa saat kami berangkat ke pulau lain melewati gundukan pasir yang terlalu penuh dengan wisatawan. Kami menuju ke pulau-pulau yang menyenangkan lainnya serta memilih untuk tidak turun dari kapal karena pulau itu penuh dengan orang-orang jadi kami menuju ke tempat lain dan snorkeling di sana.

Sambil terombang-ambing di laut, kami seharusnya menyaksikan matahari terbenam tetapi berubah menjadi mendung seperti yang sering terjadi di sini saat matahari terbenam, jadi kami kembali ke rumah, dan begitu sampai di sana, mandi dengan air garam yang menyenangkan, dan pergi untuk makan.

Setelah makan malam, kami memainkan beberapa 'permainan' yang tampaknya melibatkan banyak orang, berteriak dan berdebat tetapi menyenangkan dan seseorang tiba dengan makanan BBQ untuk kami. Ikan Tuna itu enak, namun hanya itu yang saya makan. Saya sendiri suka Tuna.

Saya tidur sebelum jam 11 malam karena bangun pagi-pagi sekali, tetapi pada jam 4 pagi saya bangun dan keluar dari rumah di pagi hari menemukan seseorang yang menjual minuman, membeli kopi dan jus, dan menyaksikan matahari terbit yang indah.

Pada jam 8 pagi, semua orang naik dan turun menjelajahi pulau dan melakukan perjalanan dengan kapal lain. Saya memutuskan untuk tinggal di rumah dan bersantai dan mencoba tidur.

Pada pukul 12, kami sekali lagi berjuang untuk kembali ke feri dan sekali lagi juga di atasnya hanya ada bagian terbuka dari dek atas dengan hanya memiliki selembar terpal yang menutupi sehingga ada naungan dari matahari dan begitu kami mulai bergerak, angin membuat kami merasa dingin. Saat itu sedikit lebih berombak dan sehingga feri bergerak dalam gelombang dan ada seseorang yang muntah  karena kapal itu sangat ramai tetapi perjalanan perahu itu cukup lancar.

Kembali ke pelabuhan di Jakarta, kami harus memikirkan kembali cara turun dari feri dan mendarat sambil melompati perahu lainnya yang terikat dan kemudian berjalan pergi mencari taksi. Pada pukul 4.30 saya sudah di rumah dan di kamar mandi saya merasa kembali segar.

Itu adalah sebuah pengalaman perjalanan yang berharga meskipun kapal dan panas matahari adalah nilai tambah. Perjalanan feri adalah sebuah pengalaman dan lain kali saya akan mengambil kapal cepat. Saya tidak tahu apa lagi yang ada di Pulau Harapan karena saya hanya punya sedikit waktu untuk menjelajahinya, tetapi pulau-pulau di sekitarnya sangat bagus dan semuanya layak untuk dikunjungi. Untuk istirahat sejenak dari kota yang riuh cukuplah bagi anda untuk mengalami pengalaman perjalanan ke Pulau Harapan untuk melepas penat dari kebisingan ibukota.