Akhir pekan Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah satu set pulau yang membentang dari Teluk Jakarta ke Laut Jawa dan sebenarnya merupakan bagian paling utara dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Kebanyakan orang yang tinggal di Jakarta pasti tahu tentang Kepulauan Seribu, tetapi lebih sering mereka akan berpikir tentang lautan kotor dengan bau yang mengerikan. So akankah anda percaya pada saya jika saya mengatakan pada anda bahwa sebenarnya ada pelarian yang manis, dekat, dan menyenangkan di Kepulauan Seribu? Ke tempat dimana anda bisa pergi selama dua hari dan anda bisa bersenang-senang seperti liburan 3-4 hari? Jawabannya adalah YA, anda harus percaya pada saya! Ehem. Bagaimanapun, yang saya bicarakan adalah Pulau Harapan, sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Seribu.

Liburan Di Pulau Harapan

Pulau Harapan dapat dicapai dengan sekitar tiga jam perjalanan perahu dari Jakarta. Saya dan teman-teman naik perahu kayu (ditenagai motor) dari Pelabuhan Muara Angke. Perjalanan itu cukup menantang dan cukup memberi pengalaman, tetapi akan lebih baik jika anda bisa berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol. Namun, jika anda mencari perjalanan hemat, maka anda harus berangkat dari Muara Angke. Pelabuhan ini tidak cocok untuk wisatawan yang rewel, ini adalah pasar ikan, jadi tentu saja kotor, bau, dan berlumpur.

Untuk pergi ke Pulau Harapan, anda bisa pergi sendiri, atau anda bisa mengikuti tur lokal. Biaya per orang tergantung pada jumlah orang yang bepergian, lebih banyak orang hadir dengan harga lebih murah. Saya pergi dalam kelompok berisikan tujuh orang selama 2 hari dan 1 malam, masing-masing harus membayar IDR 350 ribu, detail tentang tur akan diberikan di bagian bawah posting ini. Karena ini adalah tur lengkap, anda hanya perlu membawa barang-barang pribadi anda. Namun, jika anda ingin pergi sendiri, tidak apa-apa juga. Tidak akan sulit untuk mendapatkan akomodasi dan makanan, tetapi bagian yang sulit akan mencari transportasi.

Dan sekarang saya akan bercerita tentang perjalanan Pulau Harapan saya dengan tur lokal dan juga bagaimana rasanya bepergian dari Pelabuhan Muara Angke. Baik, ayo kita mulai!

Hari Pertama Di Pulau Harapan

Kami berkumpul sekitar jam 6 pagi di Pelabuhan Muara Angke dan kami bersaing dengan penumpang kapal lain untuk naik ke kapal (saya benar-benar tidak menyarankan metode transportasi ini untuk para penyandang yang mengalami disabilitas)! Kapal bisa memuat hingga 100 orang, tetapi kadang-kadang pemiliknya bisa mendorongnya hingga 150-200 orang di atas kapal dan itu pasti terlalu ramai dan berbahaya. Ditambah lagi ada aroma yang tersisa dari pasar ikan. Keringat dan bau amis merupakan kombinasi yang memuakkkan.

Akhir pekan Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Sebelum naik ke kapal, sangat penting untuk menemukan pemandu dari tur lokal yang telah anda pesan karena dia akan dapat membantu anda menemukan kapal yang benar. Sangat sulit untuk menemukan boat yang berangkat ke tujuan yang anda tuju, karena hampir setiap tur lokal ke setiap pulau di Kepulauan Seribu -Pramuka Island, Pulau Bidadari, berangkat dari Muara Angke.

Di dalam kapal, anda harus duduk di lantai, yang terbuat dari kayu, artinya, keras dan tidak nyaman. Selalu siap dengan Antimo (atau obat mabuk laut lain pilihan anda), salah satu teman saya yang biasanya tidak mabuk laut bisa muntah sarapan yang telah ia konsumsi. Perahu kurang lebih terlihat seperti ini:

Namun demikian, perjalanan kapal itu menarik dan setelah tiba di Pulau Harapan, semua perasaan sulit saya terbayar. Mungkin beberapa gambar dapat membantu anda membayangkannya: D

Anda bisa melihat dasar lautan! YAY!

Akhir pekan Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Kami tinggal di rumah lokal, hanya memiliki satu kamar tidur dan satu kamar mandi. Harap ekstra hati-hati dengan barang-barang berharga anda karena sebagian besar rumah lokal memiliki pintu depan dan pintu belakang. Kemungkinan anda hanya akan menerima kunci untuk pintu depan dan karenanya tidak dapat mengontrol melalui pintu belakang.

Sekarang, kita memulai perjalanan!

Jangan lupa pakai SPF, karena anda akan berenang di siang hari (sekitar jam 1 siang)! Saya sangat senang berenang dan snorkeling, pemandangan di bawah lautnya sangat bagus dan saya hampir tidak percaya bahwa lautnya sangat jernih! Saya beruntung tidak pergi ke sana selama musim hujan, karena hujan membuat laut lebih kotor dan tidak menyenangkan.

Kami pergi ke pulau menggunakan perahu kecil, cukup untuk memuat sekitar 10-15 orang. Bawa barang-barang berharga anda di dalam tas tahan air dan kenakan pakaian renang di rumah. Tidak ada kesempatan untuk berganti pakaian renang begitu anda berada di atas kapal, kecuali jika anda seorang eksibisionis hahaha.

Waktunya snorkeling!
Salah satu manfaat menyewa tur lokal: mereka akan membantu anda mengambil gambar bawah laut.

Akhir pekan Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Selanjutnya, kami pergi ke Pulau Bira dan Sepa untuk bersenang-senang dengan pasir putih. Dan kemudian kami pergi ke Pulau Pelangi, sebuah pulau resor, tempat kami berjalan-jalan.

Dan kami menutup hari dengan matahari terbenam yang indah dari kapal. Sedangkan untuk makan malam, tur lokal memberi kami BBQ... ada banyak BBQ untuk di nikmati.

Hari Kedua Di Pulau Harapan

Tidak ada liburan pantai yang lengkap tanpa matahari terbit, tapi saya terlalu mengantuk, jadi saya melewatkannya. Di dalam jadwal, kami seharusnya memiliki dua tujuan lagi dalam rencana perjalanan kami, tetapi karena ada ketidakberuntungan dengan cuaca, kami hanya pergi ke Pulau Gosong.

Akhir pekan Di Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Kemudian kami kembali ke Pulau Harapan untuk berkemas dan kembali ke Jakarta. Perhatian! Anda harus bertanya secara spesifik jam berapa kapal anda kembali ke Jakarta. Kami melewatkan bagian ini dan beberapa teman saya tidak mencapai kapal tepat waktu dan harus menggunakan kapal berikutnya. Untungnya, kami menggunakan tur lokal dan teman-teman saya tidak perlu membayar ekstra. Saya tidak yakin apakah itu bisa menjadi masalah jika anda bepergian sendiri. Tapi pastikan semuanya berjalan sesuai rencana.