Tidung, Pulau Surga Di Jakarta

Mungkin anda pernah mendengar tentang Pulau Tidung, dan jika anda penduduk ibukota Jakarta mungkin bisa langsung mengenali pulau terbesar di Pulau Seribu di Jakarta Utara ini, karena ada banyak yang membicarakannya. Pulau Tidung menjadi lebih terkenal selama 4-5 tahun yang lalu karena keindahan kehidupan bawah lautnya. Pulau ini menawarkan keindahan karang, organisme indah dan air jernih.

Menuju ke Pulau Tidung

Bulan lalu saya berkesempatan, untuk pertama kalinya, mengunjungi pulau surga ini. Awal perjalanan saya dari Muara Angke / Muara Karang sebagai pelabuhan tempat feri / kapal ke Pulau Tidung yang berlabuh pada pukul 07:00. Saya memutuskan untuk memulai lebih awal sehingga saya bisa menikmati snorkeling di sore hari dan menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi Tidung besar dan Tidung kecil. Tidung besar memiliki luas 100 hektar sementara 50 hektar di Tidung kecil. Bagaikan dua saudara perempuan, pulau ini terhubung oleh Jembatan Cinta yang sangat terkenal.

Butuh hampir 3 jam dari Muara Angke ke pelabuhan Tidung dengan feri, yang sebenarnya saya harapkan hanya butuh 2 jam. Sekadar informasi, ongkos naik feri saya Rp. 30.000. Saya memang menikmati perjalanan 3 jam saya, tetapi matahari cukup terik, itu kesalahan saya ketika saya memilih untuk duduk di depan hidung feri, keputusan yang sepenuhnya salah.

Setibanya saya di pelabuhan Tidung, pemandu wisata menyambut saya dan peserta wisata lainnya. Ya, saya melakukan tur untuk membuat hidup saya menjadi lebih berwarna, dan tentunya lebih murah dengan mengatur jadwal saya sendiri. Disarankan untuk menyewa sepeda saat berada di sana karena anda tidak akan menemukan transportasi umum, yang ada hanya BenTor atau Becak Motor. Menyewa sepeda untuk 1 hari penuh biayanya Rp. 20.000, sehari penuh berarti 24 jam, setengah hari pada hari pertama dan setengah hari pada hari berikutnya.

Keunikan Pulau Tidung

Hanya memakan waktu 15 menit dengan sepeda menuju ke pondok, makan siang sudah siap dilayani oleh pemilik pondok. Keunikan pulau Tidung bahwa pulau ini adalah wisata berbasis masyarakat, berarti semua kegiatan di pulau tersebut dikelola oleh masyarakat setempat, termasuk pondok-pondok. Jangan berharap hotel berkualitas tinggi ada disini, anda hanya bisa mendapatkan rumah penduduk lokal. Bagi saya, secara pribadi, saya tidak keberatan sama sekali untuk tinggal di rumah penduduk setempat selama saya bisa tidur dan mandi dengan baik.

Selesai makan siang, mempersiapkan diri dengan peralatan snorkeling seperti life vest, google dan sirip, kami pun siap untuk snorkeling. Rencananya adalah snorkeling di Tidung kecil, menjelajahi Jembatan Cinta dan jika mungkin mengunjungi Pulau Pari. Saran saya, bawalah air mineral dan makanan ringan, karena seperti biasanya anda akan haus dan kelaparan setelah melakukan snorkeling. Perahu yang membawa saya ke tempat snorkeling adalah perahu kecil yang membawa sekitar 10 hingga 15 orang. Saya bisa mengerti mengapa pulau ini baru-baru ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Jakarta, airnya sangat jernih dan benar-benar membuat saya terpesona. Saya bisa melihat beberapa ikan yang indah berenang di sekitar perahu kami dan karang yang indah.

Snorkeling Di Pulau Tidung

Saatnya snorkeling! Saya sudah begitu siap dengan semua peralatan yang terpasang. Perahu berhenti di titik snorkeling di dekat Tidung kecil. Pemandu wisata menjelaskan aturan dan larangan, bagi pemula harus selalu mengenakan pelampung, atau jangan pernah menyentuh landak laut. Menjadi jelas dengan semua instruksi, semua peserta memulai snorkeling.

Saya bisa melihat sekelompok ikan kecil berkerumun di sekitar saya ketika saya menjatuhkan beberapa potong roti. Saya tidak bisa melupakan sensasi yang dipenuhi ratusan ikan, begitu wow! Dan apa yang saya harapkan muncul di sana, yakni landak laut biru-hitam. Seperti dijelaskan, duri landak beracun, kasus terburuk adalah hewan itu bisa membunuh mereka yang telah tertusuk. Aku hanya bisa menatap keindahannya dari kejauhan tanpa ada nyali untuk mendekat. Tanpa diduga, pemandu wisata mengangkat hewan itu ke permukaan di tangannya. Serius? Apakah dia terluka atau terkena racunnya? Nggak! Dia menjelaskan bagian beracun itu hanya duri, asalkan kamu tahu cara menyentuh dan memegangnya, landak itu tidak akan menyakitimu sama sekali. Pelajaran bagus bukan?

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Sejujurnya, 30 menit tidak cukup bagiku, tetapi pertunjukan harus berlanjut. Pemandu wisata meminta kita semua untuk ikut dan bersiap untuk Jembatan Cinta. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit, kami tiba di Pulau Tidung kecil. Di sini, anda dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga air, seperti banana boat, jet ski, Kano, dan banyak lagi lainnya. Bagi mereka yang tidak tertarik, makan siang akan menjadi pilihan terbaik. Ada beberapa kedai makanan yang bisa menggoda selera anda. Selesai makan siang, pemandu wisata mengarahkan kami ke Jembatan Cinta, yang menghubungkan Tidung kecil dengan Tidung besar.

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah sekelompok remaja yang melompat dari Jembatan Cinta ke dalam air. Jembatan Cinta terletak dari timur ke barat sepanjang 1 kilometer. Mitos mengatakan dengan melompat ke air 7 kali, anda akan menemukan belahan jiwa anda segera atau jika anda dan pasangan berjalan melintasi jembatan sambil berpegangan tangan, kisah cinta anda akan berakhir dalam pernikahan. Ini mitos yang cukup menarik dan anda tidak harus percaya juga sih.

Sunset Di Pulau Tidung

Tidak mungkin melanjutkan perjalanan kami ke Pulau Pari karena matahari mulai turun. Jadi kami kembali ke pondok untuk membersihkan dan menyiapkan waktu BBQ. Dalam perjalanan kembali saya melihat matahari terbenam yang indah dari perahu. Ini adalah matahari terbenam terbaik yang pernah saya saksikan, setidaknya untuk satu tahun terakhir.

Hari berikutnya dimulai dengan waktu matahari terbit. Karena cuaca awan, matahari cukup malu untuk menunjukkan dirinya, tetapi efek yang muncul adalah matahari terbit yang romantis. Setelah sarapan, saya tidak mengambil waktu begitu saja, saya meminta pemandu wisata untuk menemani saya bersepeda di sekitar pulau. Dia menyarankan untuk mengunjungi Pantai Perawan dan saung Cemara Kasih. Kami bersepeda ke 2 pantai itu, pengalaman menyenangkan sebelum pulang.

Pukul 11.00 saya tiba di pelabuhan Tidung dan menunggu feri untuk membawa saya kembali ke Jakarta. Terima kasih atas pengalamannya, Tidung!