Pulau Macan: Perjalanan Sehari Nan Sempurna

Duduk di teras gubuk Sunset Beach, di eko-resor Pulau Macan serasa luar biasa dan tak terlupakan, pertama kali saya sadari bahwa ada begitu banyak pulau di Indonesia yang pernah saya ketahui. Di sini, hanya suara ombak yang jauh dari ombak lembut samudra yang menemani saya, jauh dari para pasangan berbulan madu berjemur yang sering datang berduyun-duyun ke Indonesia. Baru beberapa menit saya mulai membaca buku tentang kehidupan di Kepulauan Indonesia dan saya sudah ditarik dari dunia kebisingan, memasuki momen yang manis. Musik Gamelan yang menenangkan datang dari kejauhan dari kaset rekaman juga menambah pesona yang ada. "Hidup di sini benar-benar indah," sebuah suara di dalam diriku, namun, sayangnya, tidak akan lama bahwa aku sudah akan mengucapkan selamat tinggal pada Pulau Macan. Jadi dalam artikel ini saya akan menuliskan pengalaman sehari saya ke Pulau Macan.

Berkunjung Ke Pulau Macan

Saya ingat saat saya menginjak Pulau Macan, saya tahu tempat ini tidak termasuk ke dalam list perjalanan saya, tetapi sebuah kisah penuh berdedikasi yang membahas lebih banyak hal dari pulau ini begitu menantang tentang perjalanan sehari disini.

Jadi sebelum kita bergerak maju, perjalanan itu sendiri memakan waktu kurang dari 2 jam dari daratan ke pulau itu, di atas kapal merupakan suguhan bagi mata tersendiri dengan laut yang secara berkala mengubah naungannya dari biru yang mengesankan menjadi hijau ajaib. Pulau-pulau juga sesekali juga terus muncul dari kejauhan.

Mungkin juga untuk menghabiskan beberapa malam di salah satu dari banyak pondok laut pribadi di pulau itu (ada yang memiliki total hunian lebih dari 40 tamu pada waktu tertentu) dan itulah yang akan saya rekomendasikan. Tetapi jika tidak, perjalanan sehari ke Pulau Macan dari Jakarta benar-benar layak, dan mungkin hanya akan menjadi highlight anda tersendiri untuk merasakan sensasi perjalanan sehari.

Indahnya Pulau Macan

Terletak di dalam gugusan pulau di pantai utara Jakarta, Pulau Macan, seperti sebagian besar pulau di dalam ribuan pulau lainnya, dimiliki secara pribadi. Dan pemiliknya memiliki dua pulau di mana gubuk-gubuk pantai, restoran, dan semua kebutuhan sehari-hari lainnya berada (yang ini dikenal sebagai Pulau Macan) dan yang lainnya tanpa konstruksi dan tanpa kehidupan (yang dikenal sebagai 'pulau kecil' ).

Pulau Macan: Perjalanan Sehari Nan Sempurna

Di mana Pulau Macan menawarkan pelarian yang ideal dari kota metropolis Jakarta yang ramai, sementara disini masih belum sepenuhnya terlepas dari peradaban, karena anda akan menemukan beberapa orang yang bekerja (dan berlibur) di pulau ini, pulau kecil itu, di sisi lain sangat sepi sebidang tanah tanpa kehidupan di sekitar. Sangat mungkin untuk berjalan di antara kedua pulau (atau naik perahu) karena keduanya terhubung dengan laut (walkable) di darat, meskipun saya tidak berjalan kesana karena saya kekurangan waktu dan memiliki hal-hal lain yang menjadi prioritas saya yakni mengambil gambar-gambar gila untuk Instagram saya.

Yang Dapat Anda Lakukan Di Pulau Macan

Bagi orang seperti saya, Pulau Macan menawarkan pelarian ideal dari kehidupan, tempat yang menawarkan sudut-sudut nyaman yang cukup untuk bersantai, bersantai, dan menjadi diri sendiri!

Namun, untuk seorang pemberani, pulau ini menawarkan lebih dari yang bisa dibayangkan. Anda dapat menyewa tur kayak atau papan dayung berdiri; bermain game in-house seperti tenis meja, catur atau bola voli; atau tidak melakukan apa-apa selain makan makanan tropis yang luar biasa dan bersantai di tempat tidur gantung sepanjang hari. Dimungkinkan juga untuk meminjam snorkel dan menjelajahi kehidupan karang yang menakjubkan yang terletak tidak lebih dari 20 kaki dari pulau (hanya hati-hati menginjak ikan buntal).

Mereka yang menyukai petualangan yang lebih serius akan senang mengetahui bahwa pulau ini bahkan menyelenggarakan penyelaman scuba untuk para tamunya.

Apa Yang Diharapkan Jika Anda Tinggal Di Pulau Macan

Pulau Macan (seperti yang saya katakan) adalah satu-satunya resor ramah lingkungan yang mandiri di seluruh ribuan pulau lainnya, artinya, anda tidak akan diperlakukan dengan mewah saat berada di sana. Tetapi sekali lagi, di tempat seperti itu, yang dikelilingi oleh udara segar dan pemandangan surgawi, anda tidak akan membutuhkan AC atau hal-hal lain untuk membuat anda tetap terhibur.

Ada listrik yang tersedia di pulau itu, namun hanya di malam hari atau di siang hari berdasarkan permintaan. Dari energi bertenaga surya, pancuran air hujan, dan keyakinan kuat untuk menggunakan sumber daya yang terbatas, resor ini tetap setia pada filosofi ekowisata.

Pulau Macan: Perjalanan Sehari Nan Sempurna

Mereka menyajikan hidangan nasi, makanan laut, sayuran, dan buah-buahan buatan sendiri yang luar biasa baik untuk prasmanan makan siang dan makan malam; Sementara itu, hal-hal lainnya seperti roti dan selai serta Nutella tersedia sepanjang hari tanpa biaya. Jika anda pecinta kopi dan teh juga terus dihibur sepanjang hari. Pulau ini bahkan memiliki bar kecil di dalam hotel yang memeliki persediaan kelapa segar, smoothie makanan super, bir, anggur dan koktail. Disini memiliki total 6 pondok laut dan 5 eco-kabin yang berbeda.

Rasanya sangat luar biasa melihat bagaimana semua kabin dan pondok ini dibangun menghadap langsung ke air yang jernih, menawarkan pemandangan matahari terbenam yang paling menakjubkan, langsung dari tempat tidur anda. Kamar-kamarnya hampir tidak memiliki dinding dan pintu, tetapi bisa untuk menggulung tirai bambu ke bawah untuk menutupi ruangan (tetapi mengapa anda harus melakukan itu?)

Bagaimana Menuju Ke Pulau Macan

Karena kami adalah grup besar, kami memiliki Yacht pribadi kami sendiri (dipesan oleh perusahaan bernama Sheila Tour). Tetapi jika anda sendirian, ada kapal harian yang berangkat ke Pulau Macan dan ke pulau-pulau lain di wilayah seribu pulau. Titik keberangkatan standar untuk sebagian besar pulau adalah di Marina Ancol dari Dermaga nomor 17. Kapal berhenti di Pulau Macan dan beberapa pulau lainnya dalam perjalanan dan perjalanan memakan waktu 1,5-2,5 jam tergantung pada jumlah pemberhentian.

Waktu keberangkatan harian dari Marina di Jakarta adalah sekitar jam 8 pagi, sedangkan keberangkatan dari pulau kembali ke Jakarta adalah sekitar jam 2 siang. Layanan kapal seringkali tidak berangkat setelah jam 4 sore karena air laut pasang naik, dan sebab itu bisa meningkatkan masalah keselamatan. Saya hanya merekomendasikan apa yang saya coba secara pribadi, dan merasa layak untuk anda coba. Selamat berkunjung ke pulau macan!