Panduan Komplit Berlibur Di Pulau Seribu

Bagi orang-orang yang selalu mendambakan laut (seperti saya), bekerja di Jakarta bisa terasa sulit untuk kabur selama beberapa hari berlari ke pantai yang indah. Meskipun demikian, setelah saya satu tahun tinggal di sini, saya mengambil kesempatan saya untuk menjelajahi tentang apa yang disebut ribuan pulau di utara Jakarta. Dan dengan senang hati saya menemukan bahwa Kepulauan Seribu tidak seburuk yang saya kira. Saya bahkan kembali ke pulau tersebut beberapa kali dengan teman dan keluarga. Beberapa harinya cukup baik dan beberapa hari cukup sulit, tapi hei ketika anda melihat air berwarna kristal pirus, anda tidak akan berpikir banyak masalah tentang apa yang anda dapatkan di sini. Jadi saya mengumpulkan panduan wisata Pulau Seribu dan tips untuk anda berkunjung kesini!

Tips Komplit Ke Pulau Seribu

Saya tahu bahwa banyak orang meremehkan pulau-pulau ini karena banyak masalah ketidaknyaman. Meskipun demikian, saya rasa tidak seburuk yang dikatakan orang. Jika anda membandingkannya dengan banyak pulau di bagian timur Indonesia, tentu saja, tingkatannya jauh lebih rendah daripada disini. Tapi ya harus saya akui, entah kenapa banyak pulau indah yang kami temukan.

Saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan penjelasan tentang cara bepergian ke sana. Saya mungkin bukan ahli karena saya belum pernah ke semua pulau yang ada, tapi saya bisa memberi anda beberapa highlight sebagai gambaran.

Petunjuk dan Tip Perjalanan Pulau Seribu:

Transportasi

Ada dua cara untuk sampai ke pulau-pulau ini, yang paling populer adalah dari pelabuhan Muara Angke yang sebagian besar digunakan oleh penduduk setempat. Muara Angke adalah pasar ikan besar (yang menurut banyak orang memiliki makanan lezat) dan pusat pelabuhan untuk sampai ke Kepulauan Seribu. Sedangkan yang lainnya adalah dari pelabuhan Marina di Ancol yang merupakan kapal mewah dan cepat; dan tentu saja, biayanya jauh lebih mahal dari Muara Angke. Cara termudah yang biasa saya lakukan adalah memesan paket tur keseluruhan untuk sampai ke pulau yang sudah termasuk tiket kapal. Sangat menyenangkan untuk pergi ke pulau dengan sendirian atau dengan grup, tetapi tur lokal ini kadang-kadang membutuhkan 15-20 orang untuk sampai ke sana, jika tidak, mereka akan membatalkannya.

Pulau - Pulau

Bagian terpenting dari postingan ini adalah “Pulau mana yang harus saya kunjungi?”

Seperti yang anda ketahui, pulau seribu memiliki banyak pulau yang dapat dikunjungi wisatawan dan karena beberapa di antaranya sudah menjadi pulau pribadi maka dibatasi untuk beberapa orang saja. Pihak tur biasanya membawa kita pergi ke pulau besar di mana rumah penduduk setempat berubah menjadi losmen bagi para pengunjung. Mereka biasanya menyiapkan perahu snorkeling untuk mengunjungi beberapa pulau dan anda bahkan dapat meminta pulau mana yang ingin anda tuju. Beberapa tujuan populer sebagai base camp adalah Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Semak Daun (basis perkemahan populer jika anda ingin membawa tenda sendiri).

Saya belum pernah ke Pulau Tidung untuk waktu yang lama, tetapi saya tahu bahwa banyak orang mengatakan bahwa pulau itu kini menjadi ramai dan agak kotor karena pariwisata. Adakah yang punya informasi terbaru tentang ini?

Apa yang harus dilakukan?

Selain bersantai di pantai, ada banyak hal yang dapat anda lakukan yang dapat menambah pengetahuan anda. Saya belum pernah mengunjungi begitu banyak pulau di sini tetapi dari setiap kunjungan di sana saya sering belajar hal-hal baru. Beberapa yang ada di daftar saya untuk pergi tahun ini juga adalah sebagai berikut;

Mengunjungi Konservasi Alam

Anda akan terkejut betapa banyak konservasi dan acara yang diinvestasikan orang di sini. Ini membuktikan bahwa orang Jakarta pun prihatin dengan masalah sampah yang telah berkembang selama bertahun-tahun di sini. Ketika saya sampai di Pulau Harapan, kami memeriksa Taman Nasional Marinir Laut di mana mereka melindungi penyu dan konservasi hiu seperti yang ada di Bali. Saya perhatikan bahwa ada begitu banyak konservasi makhluk laut di setiap pulau. Beberapa di antaranya dibangun semata-mata hanya untuk pariwisata.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Ketika saya tiba di Pulau Pari, kami menghabiskan sore hari menyaksikan matahari terbenam di Pusat Penelitian Oseanografi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di mana mereka membuka pantai tempat mereka melestarikan rumput laut dan bintang laut. Disitu adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang makhluk laut juga! Tempat-tempat ini sangat terbuka lebar dan angin laut saat matahari terbenam luar biasa sejuknya!

Ada banyak pulau yang bisa anda habiskan untuk melihat matahari terbenam dan matahari terbit, pemandu wisata anda pasti tahu pulau mana yang harus dituju. Beberapa dari pulau ini penuh sesak tetapi beberapa lainnya bisa sangat kosong. Beberapa teman saya lebih suka yang ramai hanya untuk mencari teman baru. Tetapi beberapa dari kita ingin menemukan tempat yang tenang untuk menikmati momen itu. Meskipun demikian, saya selalu menemukan matahari terbenam di atas kapal adalah cara terbaik untuk menghabiskan hari.

Menyaksikan matahari terbit juga bisa menjadi ide bagus. Karena banyak orang yang tidak terlalu suka bangun pagi-pagi, anda bisa menjadi orang pertama yang menikmati langit indah di depan. Itu adalah salah satu hal favorit saya untuk dilakukan setiap kali saya pergi ke sebuah pulau. Awal yang sempurna untuk memulai hari!🙂

Melompat dari jembatan dan pelabuhan

Pertama kali saya menemukan Pulau Tidung adalah karena Jembatan Cinta yang terkenal ini, di  mana orang-orang melompat hampir 10 meter dari tepi jembatan. Tentu saja, pada tahun 2009, tidak banyak tempat di Indonesia yang ada untuk mengalami hal seperti itu, jadi saya pergi ke sana! Jembatan ini memiliki jalan yang cukup panjang dan itu adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu melihat matahari terbenam juga.

Melompat ke laut adalah hal favorit saya untuk dilakukan, dan Kepulauan Seribu memiliki begitu banyak pelabuhan tempat saya dapat melompat dengan mudah. Pastikan anda bertanya kepada pemandu apakah ini musim hewan bulu babi karena anda dapat melukai diri anda sendiri. Tapi sejujurnya, lompatan itu adalah perasaan kebebasan!😀

Island Hopping, Snorkelling, dan Menyelam

Daya tarik utama di sini tentu saja waktu snorkeling. Saya tidak akan berbohong, karena saya pikir kehidupan bawah laut hampir hilang di sini. Jika anda membandingkan dengan tempat-tempat snorkeling bawah laut di Bali, Pulau Seribu berada jauh di bawah. Sebagian besar karang telah mati dan hanya ada beberapa ikan di sana. Saya tidak bisa terus menekankan bahwa menjadi penyelam yang bertanggung jawab dapat membuat perbedaan besar bagi kehidupan laut. Karena snorkelling menjadi kegiatan penting di sini di Kepulauan Seribu, maka anda akan memahami kapan tempat snorkeling anda dipenuhi dengan banyak perahu dan orang.

Kiat yang bagus adalah anda selalu dapat meminta pemandu perahu untuk membawa anda ke pulau yang sepi dan lebih sedikit tempat snorkeling (tetapi hanya jika anda mendapat persetujuan dari semua anggota kapal). Saya ingat suatu kali, salah satu pemandu kami membawa kami ke Pulau Gosong, yang hanya berupa pasir di mana-mana yang bisa naik turun karena waktu pasang. Tapi airnya sangat jernih dan itu hanya perahu kami! Yay!

Bersepeda Melewati & Melihat Kehidupan Pulau

Ketika saya sampai di sana pada tahun 2009, hanya ada sepeda yang digunakan untuk berkeliling pulau. Tetapi setelah beberapa waktu, sepeda motor berkembang di banyak daerah. Saya kembali lagi pada tahun 2015 dan kini telah penuh dengan sepeda motor di sekitar pulau, mungkin karena jauh lebih nyaman dan cepat. Tetapi jika anda memiliki anggaran terbatas dan ingin menikmati kehidupan pulau, sewalah sepeda dan berkelilinglah.

Rekomendasi saya hanya untuk melihat-lihat desa. Lihat bagaimana mereka menjalani hidup mereka di sebuah pulau. Anda akan terkejut bahwa pada akhirnya, anda akan berpikir bahwa anda cukup beruntung untuk memiliki kehidupan yang baik di kota. Yah .. kadang-kadang, saya merasa bahwa kehidupan di pulau sesederhana seperti yang saya alami yang tidak terikat dengan teknologi, bangunan yang kurang modern dan merasakan dasar dari alam membuat saya merasa menjadi 'manusia' lagi.

Seafood

Menjelajahi pusat pulau di malam hari dan anda akan menemukan banyak makanan jalanan dan pemanggang makanan laut di seluruh penjuru. Yum! Apakah saya perlu menjelaskan lebih banyak?

Situs bersejarah

Ada begitu banyak tempat-tempat bersejarah di sini, salah satunya adalah Pulau Onrust di mana ia memiliki sebuah kastil yang digunakan sebagai pertahanan dan rumah sakit Belanda pada waktu itu. Meskipun demikian, ada beberapa cerita seram dan misterius tentang pulau ini. Tapi tetap saja, reruntuhan Kastil bertahan kuat di sana. Pulau-pulau lain yang memiliki reruntuhan kastil adalah di Pulau Kelor dan Pulau Bidadari. Wah! Banyak hal yang bisa dilihat, ya kan?

Saya selalu ingin pergi dan berkunjung kesana tetapi belum sempat. Saya tahu bahwa ada begitu banyak tur sehari yang pergi ke sana hampir setiap akhir pekan!

Olahraga Rekreasi

Ketika saya pergi ke Pulau Pari, saya agak terkejut bahwa mereka telah menyediakan olahraga air di pantai. Saya tergoda untuk mencoba dan saya harus mengakui bahwa itu menyenangkan! Meskipun salah satu teman saya jadi mabuk laut 😀

Dan lagi, jangan berharap terlalu banyak jika anda pernah ke olahraga air Bali, ini hanya olahraga air keluarga.

Beberapa Tips Berguna untuk Merencanakan Tur Pulau Seribu:

1. Pilih musim dan momen terbaik untuk datang ke sini. Musim panas adalah bulan terbaik untuk datang antara April hingga September di Indonesia. Tips lainnya adalah menemukan momen yang baik untuk datang, saya sangat merekomendasikan datang pada akhir pekan yang normal. Liburan panjang dan acara besar benar-benar tidak ada, tidak ada! Saya datang ke sini selama Malam Tahun Baru, dan itu pun penuh dan meskipun kami bersenang-senang, kami tidak bisa menikmati pulau itu. Kecuali jika anda ingin kondisi yang agak ramai, saya tidak bisa menghentikan niat anda😀
  2. Pilih pulau utama yang ingin anda tinggali yang dapat membawa anda lebih dekat ke pulau-pulau yang ingin anda tuju. Bacalah tur jadwal yang anda pilih dan pastikan bahwa perusahaan memiliki testimonial dan ulasan yang baik.
  3. Secara keseluruhan, jika anda berencana untuk pergi bersama dengan banyak teman dan keluarga anda, menggunakan tur mungkin lebih baik. Karena kadang-kadang mereka membutuhkan jaminan agar sesuai dengan 15-20 orang untuk perjalanan wisata ini. Tetapi jika anda ingin mencoba sendiri, maka melakukannya sendiri adalah pilihan yang baik.
  4. Jangan ketinggalan perahu untuk memulai tur. Tidak banyak kapal pergi ke sana beberapa kali, jadi pastikan datang lebih awal.
  5. Jika anda bisa datang lebih awal ke pelabuhan Muara Angke, maka anda mungkin punya tempat yang bagus untuk bersantai. Siapkan beberapa Sarung untuk berbaring dengan nyaman di atas kapal.
  6. Gunakan peralatan snorkeling anda sendiri. Meskipun mereka sudah mengaturnya untuk anda, tetapi bayangkan berapa banyak orang yang telah menggunakan alat snorkeling itu dan memasukkannya ke mulut mereka? Ya ampun... Memiliki punya sendiri adalah ide yang lebih baik.
  7. Siapkan beberapa persediaan makanan untuk perjalanan. Makanan ringan mungkin lebih mahal daripada di kota.
  8. Berhati-hatilah dengan losmen yang akan anda tinggali. Ini awalnya rumah penduduk desa dan bukan hotel bintang 5 seperti yang anda bayangkan. Tentu saja, villa mewah juga tersedia🙂